Monday, January 1, 2007

Awal Oktober, Demi Sahabatku… Kuberanikan Lagi Memaksakan Diri

Waktu itu, pas buka bareng IF03, sekitar Oktober minggu pertama lah. Kebetulan udah lama banget ga ketemu ma temen-temen IF03, maklum, ga kerasa udah bolos kuliah 2bulan lebih. Jadi kangen ma temen-temen seangkatan.

Semuanya berjalan layaknya sebuah acara-acara buka bersama lainnya. Makan ta’jil, sholat maghrib, makan malem. Ya, menikmati suasana kekeluargaan yang islami lah.

Nah, setelah makan malem itu yang ngebikin hati gak tenang.

Ceritanya, ada temen gw, yang tiba-tiba ngerangkul gw. Sambil curhat: “Van, gw kayaknya gak kuat deh ngikutin ajaran lo. Gw naksir berat cewek cantik nih, n gw pengen banget nembak dia, gabisa kayaknya klo gak pacaran”

Jadi kepikiran beberapa sahabat lain yang punya kekhawatiran sama ama sahabat yang ngerangkul gw tadi. Ada sahabat yang udah ngerti gak ada pacaran di Islam, tapi dia takut keilangan kecengannya, jadinya dia belum bisa ngelepasin si doi, masih anter jemput, smsan, nonton bareng, dan dia mendefinisikan itu semua sebagai ta’aruf versi dia. Ada juga sahabat yang memaklumkan pacaran sebagai sesuatu yang wajar, dengan alesan jamannya udah beda, gak mungkin klo bisa nikah tanpa pacaran. Dan ada banyak cerita-cerita tentang sahabat yang masih ragu dengan keniscayaan ta’aruf sebagai metode terbaik buat nyari pendamping hidup.

Tapi gw ngerti ama kondisi mereka. Mungkin keraguan n kekhawatiran mereka, karena belum pernah ngeliat contoh nyatanya. Ato mungkin, pernah tau klo bisa nikah tanpa pacaran, tapi gak tau prosesnya, jadinya masih ragu.

Yah, tidak ada salahnya, sekali lagi mencoba memaksakan diri, untuk menuturkan niat menggenapkan setengah dien. Dan memusyawarahkan dengan seorang pementor lain, yang baru saja dikenal 1 bulan lalu. Serta berharap, ada sahabat yang berani mengikuti langkah ini, nikah tanpa pacaran.

demi sahabatku… kuberanikan lagi memaksakan diri.

Meskipun besar kemungkinan kembali menjadi lilin, terkorban habis untuk memberikan manfaat bagi sekeliling

No comments: