Friday, January 5, 2007

3 Des 06,Ia Datang Lewat Biodata Sederhana

hari ini, 3 Desember 2006, mengawali hari dengan niatan untuk mengikhlaskan seseorang yang pernah menancapkan anak panah cintanya. Hehe, sok puitis gini gw. Ya, pagi ini gw bareng beberapa temen menghadiri nikahannya seorang teteh mentor yang dulu pernah gw kecengin. Sebenernya sih, sampai tanggal 3 Desember ini, masih ada sisa-sisa ngecenginnya.

Mencoba dan terus mencoba mengikhlaskan ketentuan 4JJ1, mencoba melupakan semua cinta yang tidak berujung di pelaminan, mencoba ikut bahagia atas nikmat yang ia rasakan saat ini, gw dateng ke walimahannya dengan senyum ikhlas, senyum kebahagiaan, dan senyum keyakinan bahwa 4JJ1 akan menggantinya dengan yang lebih baik.

Pulang dari walimahan mantan kecengan, karena bertekad tidak lagi ngecengin dia, udah ada yang lebih baik buat dia, gw ada rencana ke rumah pementor. Karena beberapa hari yang lalu, gw disms suruh ngambil biodata calon akhwat yang mo dita’arufin.

Hehe, sebenernya gw deg degan abis, ntar klo calonnya gak cantik gimana ya, ntar klo biodatanya gak sesuai ama akhwat dambaan gimana ya. Teringat sebuah janji 4JJ1 bahwa Ia telah memberikan scenario terbaik bagi makhluknya, gw coba ilangin semua kekhawatiran itu.

Seperti 2 minggu lalu,saat menyerahkan biodata gw, hari ini pun mentor gw harus ke luar kota. Jadi, seperti 2 minggu lalu juga, gw harus mengambil biodata ke istri pementor. Jam 12an abis sholat Dhuhur di mesjid Al Fatonah, Sekeloa, ditemani rintik-rintik gerimis, gw ke rumah pementor. Ternyata gaada orang, n pas gw hubungin istri pementor gw, katanya disuruh dateng abis Ashar aja. buset dah, ga boelh ngeluh Van, ibadah ni

Dan tibalah pukul 16.00, gw dateng ke rumah pementor di daerah Sekeloa. Langsung disambut ama sebuah amplop putih tersegel rapi berisi biodata sang calon.

Gak berani buka langsung, gw ngacir ke Salman dulu. Nyampe Salman jam 17 kurang, semua rasa bener-bener berkecamuk di ati. Seneng, khawatir, takut, lah pokoknya nano-nano lah suasana hati. Gw langsung menuju ke area paling depan dari koridor Utara Salman. Sholat 2 rokaat buat nenangin diri. Setelah sholat, gw beranikan diri membuka amplop.

Di dalem amplopnya, ada 3 lembar berisi biodata si calon. Gw gak berani langsung liat halaman nama paling depan, yang pertama kali gw liat halaman kedua, berisi pengalaman organisasi, dia jadi kordinator keputrian selama 2 taun di DKM kampusnya, tapi gak ada keterangan kampusnya di mana. Trus gw liat juga keterangan tentang permentoringan, dia udah mulai ikutan mentoring tingkat lanjut sejak SMA kelas 1, berarti udah 7 taun jadi adik mentor, dan mungkin 5taunan jadi teteh mentor.

Setelah itu baru memberanikah diri ngeliat halaman pertama, berisi alamat rumah dan status kepemilikan, di bandung ngontrak, rumah keluarganya di Kendari. Masya 4JJ1, Kendari, jauh banget Mamen… walah.. mana ada duit ntar buat ke Kendari, apalagi berarti ntar kudu ngontrak dong, duitnya belum ada. Padahal kan pengennya ama orang Bandung aja tadinya, biar ngirit gak harus ngontrak,hehe, maklum mahasiswa. Liat-liat namanya, gak pernah denger gini namanya.

Trus pas liat kolom fotonya, weleh-weleh, kosong mlompong gini. Gw cari-cari di amplop, sapa tau lemnya lepas, jadi fotonya ketinggalan di amplop. Ternyata memang tidak ada fotonya. Trus liat kop biodatanya, pantes aja sederhana banget biodatanya, ternyata gw dikasi Biodata Anggota DPD PK Kota Bandung. saking sederhananya, gw aja gak tau dia dulu kuliahnya di mana.

Hmmm…. Bimbang… tapi gw terus meyakinkan diri. Bahwa masak cuman gara-gara gak kenal, rumahnya jaduh di Kendari, gatau cantik ato enggaknya karena gak ada fotonya gw abaikan factor keistiqomahannya untuk ikutan mentoring 7taun tanpavakum, semangat belajar islamnya berkomitmen, n factor jadi kordinator keputrian 2 tahun di DKM kampusnya. C’mon Van, coba dulu mengenalnya lebih dalam.

Jam 17.15 Tiba-tiba ada sms masuk dari pementor gw, isinya:”Afwan, fotonya baru dikasiin ke rumah, tolong segera diambil ke istri ane di rumah ”. Dengan semangat 45, gw langsung ngacir ke jalan ganeca, nyetop angkot caringin, ke rumah pementor, langsung disambut lagi dengan amplop kecil bersegel rapi berisi foto. Trus gw ngacir lagi ke Salman, ke korut lagi, tapi tanpa keraguan lagi di hati, dengan tekad mencoba mengenalnya lebih dalam apapun bentuk wajah yang tergambar di foto dalam amplop ini.

Gw buka segel amplopnya perlahan-lahan, gw ambil foto berukuran 4x6, gw liat perlahan-lahan….

Subhanallah… maha suci engkau dari segala kekurangan Ya Rabb, yang menciptakan wajah secantik ini..

No comments: